Seminar Nasional Pendidikan IPA 2016

Kamis, 08 Maret 2012

FUTSAL



            Hai, Sobat GP di edisi  kali ini, GP akan mengulas  tentang futsal. Pastinya teman – teman sudah tidak merasa asing dengan olah raga yang satu ini. Namun seberapa tahukah teman –teman akan futsal? Apakah sebatas olah raga sepak bola mini atau sepak bola ruangan? Kalau hanya itu saja, sih, untuk kelas anak Smada kami nilai kurang cukup atau kalau bapak ibu guru bilang istilahnya pas SKM. Pengen tahu detailnya? Yuk baca selengkapnya kilasan berikut ini!!!!
            Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Permainan bola dilakukan dengan kaki dan masing-masing tim berusaha memasukkan bola ke gawang lawan. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Olah raga ini berasal dari Uruguay namun nama Futsal sendiri diambil dari bahasa Spanyol yaitu “Futbol” dan “Sala.”
            Futsal lahir tepatnya di  Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, diprakarsai oleh  Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama di Brasil. Ketrampilan permainan sepak bola orang –orang Brasil merupakan pengembangan dari olah raga futsal.  Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania
            Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965 di Paraguay, Brasil  menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelar juara disapu habis Brasil. Negara penghasil kopi terbesar di dunia  ini meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya pada tahun 1984. Prestasi negara ini terus menanjak  dalam  versi FIFA Kejuraan tingkat dunia dimulai pada tahun 1989 di Roterdam Belanda dan tahun 1992 di Hongkong  dimenangkan oleh Brasil . Namun mulai tahun 2000 dan 2004 tropi itu diraih Spanyol pada pertandingan yang diselenggarakan di Guetemala dan Taiwan. Namun era spanyol ditumbangkan pada Tahun 2008 kemarin oleh Brasil di negaranya sendiri. Negara kita Sendiri Indoesia juga mempunyai rekor yang baik di Asia yaitu menjadi peringkat 1 Di Asia akan olah raga satu ini.
            Di daerah kita sendiri yakni SMADA ikut mempopulerkan futsal dengan menggelar pertandingan futsal se-kabupaten Lumajmg setiap tahunnya pada acara HUT SMADA.
            Spesifikasi lapangan Futsal berdasarkan FIFA :
1.     Ukuran lapangan : panjang 25-42 m x lebar 15-25 m
2.     Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3.     Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
4.     Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
5.     Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang
6.     Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7.     Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
8.     Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasive

Berdasarkan aspek tersebut salah satu lapangn yang memenuhi syarat adalah lapangan Satria Pinandhita, namun untuk arena futsal sendiri di Lumajang cukup banyak sekitar 4 tempat yaitu Arumdalumberada di Jalan Semeru, ASC berada di perumahan panjaitan permai, Pookies di Jalan raya  , dan Puma di Tamn toga tepatnya di daerah selatan kampus Akper Lumajang.
            Futsal menggunakan bola ukuran nomer 4 dengan berat 390-430 gram. Dalam permainannya futsal dipimpin oleh seorang wasit dan 2 orang hakim garis dengan waktu 2x20 menit dengan 10 menit waktu istirahat.
            Layaknya di Basket, di Futsal pelatih juga dapat meminta timeout 1 kali tiap tim pada tiap babaknya. Pemainya terdiri atas lima pemain yang salah satunya kipper dengan maksimal tujuh pemain cadangan. Pergantian pemain dilakukan dengan bebas (tak terbatas).
            Oke Sobat, cukup ini yang bisa kami tulis buat kalian semuanya apabila kurang jelas kamu bisa konfirmasi langsung dengan guru olah ragamu atau melalui media lain.
            Salam olah raga dan junjung tinggi sportifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar