Seminar Nasional Pendidikan IPA 2016

Kamis, 05 Juli 2012

Biologi : Konsep Dasar Biologi #6

D.    Penelitian Ilmiah dalam Biologi

Penelitian ilmiah adalah penelitian yang dilakukan secara sistematis dan disertai sikap ilmiah. Sikap ilmiah adalah sikap yang harus dimiliki seorang ilmuwan agas berlaku objektif dan jujur dalam melaksanakan penelitian ilmiah. Beberapa sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan adalah sebagai berikut:
1.      Mampu membedakan fakta dan opini. Fakta adalah sesuatu yang dapat diamati, dirasakan, dan diidentifikasi oleh alat indra. Dengan demikian, fakta bersifat objektif. Artinya, setiap orang akan berpendapat sama terhadap hal yang diamatinya itu. Contoh fakta adalah warna, rasa, bunyi, dan bau. Sementara itu, opini atau pendapat adalah hal-hal yang bersifat penafsiran dan anggapan. Opini bersifat subjektif, artinya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda terhadap objek yang diamati tersebut.
2.      Memiliki rasa ingin tahu. Manusia dengan akal pikirannya selalu ingin tahu kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya. Sikap rasa ingin tahu tersebut menjadi pendorong dilakukannya penelitian.
3.      Jujur dan objektif terhadap fakta. Data yang diperoleh dari penelitian harus didasari oleh fakta. Data-data tidak boleh diubah dan dipengaruhi keinginan pribadi.
4.      Tekun dan ulet. Penelitian harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan rajin. Peneliti tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai kendala yang muncul pada saat penelitian dan penyusunan laporan ilmiah.
5.      Kritis. Seorang peneliti tidak mudah percaya pada informasi atau teori yang ada sehingga selalu berusaha untuk membuktikannya. Peneliti harus mencari informasi yang akurat tentang hal-hal yang berkaitan dengan penelitian.
6.      Kreatif dan inovatif. Seorang peneliti harus selalu berusaha untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru. Usaha-usaha tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan teknik-teknik baru.
7.      Peduli terhadap lingkungan. Sikap ini sangat penting dan perlu ditanamkan pada siswa karena setinggi apa pun ilmu seseorang tidak akan berarti apa-apa jika tidak bermanfaat bagi lingkungannya.
Sikap-sikap ilmiah tersebut di atas sangat penting dimiliki oleh seorang ilmuwan, terutama saat melakukan penelitian. Dalam Biologi, penelitian dilaksanakan dengan metode ilmiah yang sistematis. Langkah-langkah atau tahapan melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah adalah sebagai berikut:

1.    Merumuskan dan Mendefinisikan Masalah
Dari hasil suatu pengamatan akan timbul suatu permasalahan untuk dirumuskan, kemudian akan diperoleh fakta yang berkaitan dengan masalah yang akan dihadapi. Perumusan masalah merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian. Masalah harus didefinisikan secara jelas sehingga diketahui arah penyelesaian masalah. Dengan demikian, penyelesaian masalah akan lebih terarah.
Ada tiga cara dalam merumuskan permasalahan yaitu:
a.       Apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat objek eksperimen?
b.      Bagaimana pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat objek eksperimen?
c.       Apakah ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat objek eksperimen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar