Seminar Nasional Pendidikan IPA 2016

Jumat, 23 Maret 2012

Sains : Bahaya Sinar UV Bagi Mata

BAHAYA SINAR UV BAGI MATA

Ternyata bukan hanya kulit yang bisa terbakar oleh sinar ultra violet, namun mata juga bisa terbakar jika kita tidak melindunginya dari radiasi sinar yang sangat kuat. Karena ketajaman sinar ultra violet yang mengenai mata bisa mengakibatkan beberapa masalah pada mata seperti katarak, petrigium,  fotokeratitis dan perubahan degenerative pada kornea mata. Yang dapat  menyebabkan pandangan menjadi buram, iritasi mata merah, mata berair, kehilangan pandangan sejenak dan dalam kasus tertentu bisa mengalami kebutaan.
Mata yang terkena oleh radiasi sinar UV  juga bisa mengalami kerusakan. Mata membutuhkan pelindung atau proteksi dari sinar UV. Cara sederhana untuk melindungi mata adalah
dengan memakai topi yang bisa melindungi mata dari sinar secara langsung atau dengan memakai kacamata yang bisa meredam kekuatan radiasi sinar UV.
Kebanyakan penderita menglami kerusakan mata akibat radiasi UV ini adalah dari anak-anak dan remaja. Karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, sementara lensa mata mereka sesungguhnya lebih transparan dari pada yang dimiliki orang dewasa dan ini yang menyebabkan sinar atau cahaya panas lebih mudah untuk masuk menembus ke rentina.
Namun demikian tidak banyak orang yang menyadari bahaya sinar UV bagi mata, Menurut survei yang dilakukan AOA (Asosiasi Optometrik Amerika) pada tahun 2007 menemukan 40% penduduk Amerika tidak memikirkan proteksi UV sebagai salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan untuk memilih kacamata. Survei juga menemukan bahwa 61% orang Amerika membeli kacamata untuk anak-anak mereka, namun 23% diantaranya tidak mempertimbangkan apakah lensa bisa memiliki kemampuan untuk meredam sinar UV.
Tips yag diberikan AOA untuk memilih kacamata :        
·         Jika membeli kacamata, belilah kacamata yang memiliki pelindung UV, harus 99% melindungi dari radiasi UV-A dab UV-B, dan kacanya harus 75 sampai 90% mampu menangkap cahaya.
·         Pastikan lensa kacamata pas dengan warna dan bebas distorsi. Belilah lensa berwarna abu-abu karena bisa mengurangi intensitas cahaya tanpa mempengaruhi perubahan warna obyek.
·         Pakailah pelindung mata kapanpun anda berhadapan dengan kemungkinan radiasi UV, sekalipun saat cuaca dalam keadaan mendung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar